Pentingnya Kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) Pada Bidang Teknik

Asslamualaikum Wr Wb


Dah lama neh saya mau ngbahas tentang PKL ini. Banyak yang nanya2, apa sih itu PKL, apa sih kegunaannya ?, apa aja sih kegiatan yang dilakukan waktu PKL itu?. Neh saya jelasin semuanya, khusus dalam Bidang Teknik...

PKL (Praktek Kerja Lapangan) merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam menunjang pendidikan perkuliahan. Banyak sebutan lain untuk kegiatan ini, seperti : Magang, KP (kerja praktek), PL (praktek lapangan), dll. Tapi maksud dan tujuan nya sama sih. PKL mempunyai banyak manfaat dan kegunaan buat mahasiswa terutama untuk Bidang Teknik. Selain itu kegiatan ini juga sangat membantu para mahasiswa itu sendiri untuk beradaptasi dan mengenal dunia industri (tempat bekerja). Pada kegiatan PKL mahasiswa dituntut berperan dalam mengikuti proses dan prosedur yang dibuat oleh perusahaan / industri / t4 PKL tersebut. Pada saat melakukan PKL, biasanya mahasiswa disamakan dengan karyawan setempat. Maksudnya, apa yang dikerjakan karyawan biasanya ikut dilakukan oleh para mahasiswa. Seperti turun kelapangan, pemeliharaan, dll.

Pada bulan September 2011, saya telah mencoba mengikuti kegiatan PKL ini. Karna kegiatan tersebut termasuk dalam prosedur perkuliahan pada Universitas yang saya tempati. Banyak hal-hal positif yang dapat saya ambil dari kegiatan ini. Selain untuk mendapatkan nilai, saya juga bisa mendapatkan gambaran keadaan ketika saya nantinya sudah bekerja pada suatu perusahaan/industri. Kemaren ini saya melaksanakan kegiatan PKL di PT. PLN (Persero) UPT Pekanbaru P3B Sumatera yang bertempat di daerah Garuda Sakti Pekanbaru, Riau. Pada hari pertama, saya gugup sekali. Dalam pikiran saya, timbul pertanyaan "Apa yang harus saya lakukan disini ???". Pada hari pertama tersebut saya  lansung  menemui Staff ADM nya dan lansung dibawa ke ruangan ASMAN (Asisten Manejer). Saat itu saya diberikan amanat-amanat, pesan-pesan dan kiat-kiat dalam melaksanakan kegiatan PKL tersebut. Setelah itu baru saya dipertemukan dengan pembimbing lapangan. Saya ditempatkan di bagian OPHAR (operasi dan Pemeliharaan).

Pada hari pertama, saya tidak lansung di bawa ke lapangan. Tetapi saya di bekali dulu dengan teori-teori mengenai instrumen, peralatan, cara-cara pemeliharaan, dan lain sebagainya yang di anggap penting. Pada perusahaan PLN tersebut, saya ditempatkan satu ruangan dengan semua staff OPHAR. Disana saya bisa bertanya-tanya tentang segala hal yang berhubungan dengan perusahaan itu sendiri. Baik tentang prosedur, instrument, cara pemeliharaan dan lain-lainnya. Setelah semua materi dan teori dirasa matang, barulah saya dibawa ke lapangan yaitu ke Gardu Induk nya. Kebetulan UPT (Unit Pelayanan Transmisi) tersebut berdekatan dengan GI (Gadu Induk) Garuda Sakti. Berikut ini gambaran selama saya melakukan kegiatan PKL :

Hari Pertama PKL
.
 
 Lagi Di Kantor, Ruangan Staff OPHAR UPT Pekanbaru


 Mau Benerin PMT Bersama Staff OPHAR, Sambil Megangin Buku Wiring PMT


PMT (Pemutus), Salah Satu Instrumen/Peralatan Gardu Induk


Lagi Masang Wiring PLC (Power Line Carrier) Untuk Akses Komunikasi


Salah satu Toolset Yang Digunakan


Lagi Bantu-Bantu Operator GI


Lagi Bantu Operator GI Nyatat Beban, Tegangan, Arus, dll


Gardu Induk di Pagi Hari, Pic Ini Saya Ambil Ketika Malam Nya Saya Masuk Shift Malam
Nah begthulah sedikit gambaran tentang suasana tempat saya PKL. Setelah selesai melaksanakan kegiatan PKL tersebut, banyak segi positif yang dapat saya rasakan. Saya dapat mengetahui segala sesuatu yang tidak dapat saya temukan di bangku perkuliahan. Nantinya, setelah melakukan kegiatan PKL tersebut kita akan dikasih surat keterangan PKL. Yang nantinya surat tersebut juga bisa kita lampirkan pada Curiculum Vitae (Riwayat Hidup) sebagai penunjang dalam melamar kerja nanti. Sekian dulu deh dari saya...
Akhir Kata...

Wassalam...

Di like yah ^_^