Manfaat Nge-Blog dan Palanta Sebagai Wadah Pemersatu Blogger Sumatera Barat

Asslamualaikum Wr Wb...


Thx banget yang udah mau mampir, berkunjung, blogwalking, dan baca-baca di blog saya yang sederhana ini. Gak terasa udah lama banget saya bermain dengan blog. Saya ngblog dari tahun 2007 awal dengan berbagai macam account. Klw gak salah udah sekitar 6 blog yang sudah saya olah dengan berbeda descript, dan akhirnya cuma tinggal satu ini account blog yang berhasil saya pertahankan. Account blog yang lain ada yang sudah saya delete adapun yang lupa E-mail dan password nya, maklum dah tua. wkwkwkwk... Awal saya ngblog karena rasa ingin tahu, dan timbul beberapa pertanyaan dibenak saya.  Apa sih blog itu ? gmna sih cara bikinnya ? apa sih gunanya ?. Setelah saya berhasil membuat sebuah account blog dan blogwalking, saya dapat menjawab semua pertanyaan dan rasa penasaran yang timbul di benak saya. Blog mempunyai manfat untuk menyampaikan segala macam informasi seperti : untuk berniaga, menggambarkan struktur suatu komunitas, curhat-curhatan, dan lain-lain sebagainya. Pada blog, kita juga dapat berinteraksi antar sesama blogger / sesama pengguna blog yang sering juga disebut Blogwalking. Informasi yang kita buat di blog tersebut nantinya juga bisa di temukan oleh para pembaca melalui mesin pencari (search engine). Salah satu mesin pencari yang sering digunakan adalah Google. Ketika keyword yang dimasukkan pada google mengarah pada isi postingan kita atau mengarah pada informasi yang di posting di blog, maka Google akan mengarahkan pengguna google ke blog kita.

Kemaren ini saya sempat vakum 8 bulan dalam mengolah blog. Ada beberapa faktor membuat saya vakum. Pertama, saya sedang sibuk dalam menyelesaikan study. Kedua, karna bosan. Saya merasa bosan karna teman-teman disekitar saya tidak ada yang ngblog. Jadi tidak ada sesuatu yang dapat memotivasi saya untuk ngblog. Pada saat itu saya berfikir "Buat apa saya capek-capek memposting informasi di blog, teman-teman dekat saya pun tidak ada yang akan membaca. Lebih baik menggunakan Facebook, semua teman-teman saya kan banyak yang menggunakan Facebook". Karna pikiran singkat saya tersebutlah yang membuat saya malas untuk mengolah blog.

Beberapa waktu lalu berdasarkan informasi yang saya dapat di twitter, saya mengetahui bahwa di Sumatera Barat terdapat suatu komunitas yang bernama Palanta. Spontan timbul beberapa pertanyaan di kepala saya, Apa sih Palanta itu ?... Apa sih tujuan dibuat komunitas Palanta tersebut ?... Apa-apa aja yang dilakukan para blogger dalam komunitas tersebut ?. Karna semakin penasaran, saya pun mencoba mencari-cari informasi kepada teman-teman twitter untuk menjawab semua pertanyaan yang timbul di kepala saya itu. Setelah membaca segala macam informasi dari website Palanta Sumatera Barat http://palanta.org/ dan berdasarkan informasi yang saya dapatkan, saya menemukan jawaban dari pertanyaan yang timbul di benak saya tersebut. Menurut defenisi saya sendiri, Blogger Palanta merupakan suatu komunitas yang mana di dalam nya terdapat sekumpulan orang-orang yang menggunakan blog (blogger) sebagai media dalam penyampaian suatu informasi. Komunitas Palanta itu sendiri memiliki beberapa tujuan sebagai Wadah Pemersatu Blogger Sumatera Barat, sebagai media untuk bersilaturahmi terhadap sesama blogger / pengguna, sebagai sarana pembelajaran dalam pembuatan dan penggunaan blog dan juga sebagai motivasi bagi para blogger. Kenapa saya mengatakan komunitas Palanta tersebut  sebagai motivasi bagi para blogger ?. Statment ini saya dapatkan dari apa yang telah saya rasakan. Ketika saya mengetahui di Sumatera Barat terdapat suatu komunitas / perkumpulan blogger / perkumpulan pengguna blog yang bernama  Palanta, rasa keinginan saya untuk mengolah blog timbul kembali setelah vakum dalam beberapa waktu yang lalu. Karna dengan adanya komunitas Palanta tersebut, semua blogger / pengguna blog pastinya akan berlomba-lomba dalam memperindah blog nya masing-masing dan juga akan berlomba-lomba dalam membuat postingan yang indah, enak dibaca, dan bermanfaat bagi pembaca. Bagi saya sendiri, banyak hal-hal positif yang dapat saya rasakan ketika bergabung dalam komunitas Palanta.

Saya berharap komunitas Palanta dapat mempertahankan dan meningkatkan mutu serta kualitasnya sebagai Wadah Pemersatu Blogger Sumatera Barat dan juga sebagai komunitas yang dapat mendidik dan mengajarkan masyarakat Sumatera Barat dalam menggunakan Blog sebagai media penyampaian informasi dalam segi positif. Buat blogger / pengguna blog yang berdomisili di Sumatera Barat silahkan gabung di komunitas Palanta dengan mengunjungi website resmi Palanta : http://palanta.org/. Pada website tersebut terdapat cara dan persyaratan untuk bergabung dalam komunitas tersebut. Jangan lupa kunjungi Group Facebook Palanta di http://www.facebook.com/groups/blogger.palanta/ dan Follow juga account Palanta di Twitter @BloggerPalanta. Semoga komunitas Palanta sukses dalam mewujudkan misi kedepannya dan buat para admin, anggota, dan members Palanta semoga sejahtera selalu. Amiiiin...



Demikian coret-coretan dan ocehan saya seputar komunitas Palanta. Jika ada kata, penulisan, dan definisi yang salah saya pribadi mengucapkan mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi pembaca.
SALAM BLOGGER !!!


Wassalam...